Cara Cek NISN Siswa Secara Online di Kemendikbud

Posted by

Cara Cek NISN Siswa Secara Online

Pendahuluan

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah identitas unik yang diberikan kepada setiap siswa di Indonesia. NISN sangat penting karena digunakan dalam berbagai keperluan administrasi pendidikan. Jika Anda ingin mengetahui cara cek NISN siswa secara online, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang proses tersebut. Anda juga akan menemukan informasi tentang cara cek NISN siswa melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Apa itu NISN?

NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Setiap siswa di Indonesia diberikan NISN sebagai identitas unik. NISN terdiri dari 10 digit angka yang digunakan untuk mengidentifikasi siswa dalam sistem pendidikan. NISN penting dalam berbagai proses administrasi, seperti pendaftaran sekolah, pengambilan rapor, dan pendaftaran ujian nasional.

Mengapa Perlu Mengecek NISN Siswa?

Mengecek NISN siswa penting dalam beberapa situasi, antara lain:

Pendaftaran Sekolah: Ketika mendaftar di sebuah sekolah baru, pihak sekolah mungkin meminta NISN siswa sebagai bagian dari proses pendaftaran.

Pendaftaran Ujian Nasional: NISN dibutuhkan saat mendaftar untuk mengikuti ujian nasional, baik itu ujian nasional tingkat sekolah (UNBK) maupun ujian nasional tingkat provinsi/nasional (UNKP/UNBK).

Pengambilan Rapor: NISN digunakan oleh sekolah untuk mengaitkan hasil belajar siswa dengan data identitas mereka dalam pembuatan rapor.

Pembaruan Data Siswa: Kemendikbud seringkali meminta pembaruan data siswa melalui sistem online, dan NISN menjadi salah satu informasi yang dibutuhkan dalam proses tersebut.

Cara Cek NISN Siswa Secara Online

Berikut adalah langkah-langkah untuk cek NISN siswa secara online:

Baca Juga  50 Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD

Kunjungi Situs Resmi Kemendikbud: Buka browser web dan kunjungi situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Pilih Jenis Identitas: Pada halaman utama, pilih jenis identitas siswa yang ingin Anda cek. Pilihan identitas bisa berupa NISN, NIK (Nomor Induk Kependudukan), atau KK (Kartu Keluarga).

Isi Data Identitas Siswa: Setelah memilih jenis identitas, isi data identitas siswa yang diminta, seperti nomor NISN, NIK, atau nomor KK, sesuai dengan pilihan yang Anda buat.

Verifikasi Captcha: Untuk melanjutkan, Anda perlu memasukkan kode Captcha yang muncul pada halaman. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa Anda adalah pengguna manusia, bukan bot.

Klik Tombol “Cari”: Setelah mengisi data identitas dan captcha, klik tombol “Cari” untuk mencari NISN siswa.

Tunggu Hasil Pencarian: Setelah menekan tombol “Cari”, sistem akan mencari data siswa berdasarkan informasi yang Anda berikan. Tunggu sebentar hingga hasil pencarian muncul.

Lihat Hasil Pencarian: Setelah proses pencarian selesai, hasilnya akan ditampilkan. Anda akan melihat informasi NISN siswa, seperti nama lengkap, sekolah, dan kelas.

Simpan Informasi: Catat atau simpan informasi NISN siswa dengan baik untuk keperluan administrasi dan pendaftaran di masa mendatang.

Kesimpulan

Mengecek NISN siswa secara online penting untuk berbagai proses administrasi pendidikan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memperoleh informasi NISN siswa melalui situs resmi Kemendikbud. Pastikan untuk menyimpan informasi yang ditemukan dengan baik untuk penggunaan di masa mendatang. Jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi pihak sekolah atau Kemendikbud untuk bantuan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *